Breaking News

,

Kolonel Inf Suyitno Tinjau Langsung Kegiatan Padat Karya Bakti Pembuatan Tanggul Citarum

DanSektor 20 Citarum Harum foto bersama jajaran Polsek dan Koramil setempat.

BEKASI, LARAS POST - Dansektor 20 Citarum Harum Kolonel Inf Suyitno, S. I. P terjun langsung meninjau kegiatan Padat Karya Bakti dan pembuatan tanggul di Desa Karang Harja. Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi Jawa Barat.Sabtu (16/10/2020).

Dalam pembuatan tanggul dengan panjang 200 meter lebar bawah 6 meter dan lebar atas 5 meter, Sektor 20 Citarum Harum dibantu warga masyarakat Desa Karangharja dengan melalukan padat karya bakti, dan animo masyarakat sangat antusias dengan harapan hilangnya kekhawatiran mereka ketika musim hujan tiba dan di saat Citarum banjir. 

Pembuatan dan perbaikan tanggul yang kritis menjadi skala prioritas program Sektor 20 Citarum Harum, sekitar ada 25 titik tanggul yang kritis di wilayah sektor 20, di antaranya yang sekarang sedang di kerjakan di Kp Tambun, Desa Karangharja, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 
Dansektor 20 mengatakan, menurut Kajian Kolsultan Sektor 20, ada 25 titik tanggul kritis di wilayah Sektor 20, ada yang terdapat anggarannya dan ada yang tidak terdapat anggarannya.

"Ada 25 titik tanggul kritis di Wilayah kami, dan tidak semua ada anggarannya, untuk yang ada anggarannya itu nanti yang mengerjakan pihak BBWS, itupun dengan proses yang panjang, peninjauan, pengkajian, pengajuan, pembuatan RAB dan lelang, untuk sekarang kita sedang berusaha mengerjakan tanggul krisis yang tidak ada anggarannya, karena bersipat urgan, apalagi mendekati musim hujan," ucapnya.

Dansektor pun berharap agar warga masyarakat bersabar dan jangan menilainya hasilnya sekarang, ini butuh proses yang panjang, untuk 2 kilo meter saja kita butuh waktu dua bulan dalam pengerjaannya. Terlebih di wilayah sektor 20 ada 25 titik tanggul yang krisis, apalagi sedimentasinya yang sangat tinggi dan lebar,  kurang lebih 45 meter dari bibir tanggul.

"Saya berharap warga masyarakat untuk bersabar dalam menilai program ini, ini butuh waktu yang panjang, bukan waktu yang sebentar, dengan dibantu alat satu dan kendaraan satu dari BBWS dan Kodam kita berusaha untuk memperbaiki dan membuat tanggul yang kritis secara Swadaya. Saya minta kerjasamanya dari Bupati, Kodim, Kecamatan, Koramil, Polsek dan Desa berserta warganya, untuk bersama-sama mendukung kegiatan Sektor 20. Karena pada nantinya untuk kebaikan warga masyarakat juga," harapnya.

Dansektor berpesan agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan. "Setelah selesai nanti mari kita jaga bersama- sama, seperti Slogan kita selama ini, KITA JAGA ALAM, ALAM JAGA KITA," pungkasnya.

Kepala Desa Karangharja Heru Sukmana mewakili warga masyarakat Desa Karangharja, mengucapkan terima kasih kepada Sektor 20 Citarum Harum.

"Saya mewakili warga masyarakat Desa Karangharja mengucapkan terimakasih kepada Sektor 20 yang sudah memperbaiki dan membuatkan tanggul. Sehingga perbaikan dan pembuatan tanggul bisa menghilangkan rasa kekhawatiran warga masyarakat ketika musim hujan maupun di saat sungai citarum banjir," ucapnya.

Turut mendampingi dalam kegiatan, Danki Sektor 20 Citarum Harum Kapten Cba Romlih, Personel Sektor 20 Citarum Harum, Babinsa dan Binmaspol Desa Karangharja.

Kegiatan pun berjalan aman dan lancar dengan penuh sinergitas antar sektor 20 dan warga masyarakat serta lainnya, dan tak luput dari bidikan kamera wartawan.(kobirudin)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai