Breaking News

,

Panen Raya, Satgas Yonif MR 413 Dukung Program Ketahanan Pangan

Dankolaksopsrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan M. Han, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413/Kostrad beserta masyarakat saat menggelar panen raya, di Kampung Skouw Mabo Distrik Muara Tami, Kamis (29/10).


JAKARTA, LARAS POST - Bersama Dankolaksopsrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan M. Han, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413/Kostrad beserta masyarakat menggelar panen raya dalam mendukung program ketahanan pangan di masa Pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi dan merebak ke seluruh penjuru negeri. Demikian keterangan pers yang dilansir oleh Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Dispenad), Jumat (30/10/2020) malam.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413/Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam keterangannya di Distri Muara Tami, Kota Jayapura, Jumat (30/10/2020).

Diungkapkan Dansatgas, panen raya yang dilaksanakan di Kampung Skouw Mabo Distrik Muara Tami, Kamis (29/10/2020) turut langsung disaksikan olehnya.

Dalam sambutannya, Anggun juga menjelaskan rincian luas lahan dan jenis tanaman yang ada dalam kebun ketahanan pangan tersebut.

"Kami sampaikan bahwa luas lahan yang kita gunakan sekitar satu Hektar milik warga Kampung Skouw Mabo atas nama Bapak Agus Balora, dan jenis tanaman yang terdapat pada lahan tersebut di antaranya semangka, melon, jagung dan singkong," jelasnya kepada seluruh peserta panen yang hadir dalam acara tersebut.

"Sesuai komitmen kami pada awal pembukaan lahan bahwa semua buah yang kita tanam ini hasilnya untuk masyarakat. Namun dari keempat jenis tanaman, hanya singkong yang belum bisa kita panen karena usia panennya sekitar enam sampai tujuh bulan, sedangkan untuk semangka, melon dan jagung hari ini bisa dilakukan panen,” tambah Anggun.

Anggun menambahkan, dari kegiatan panen raya ini, setidaknya dapat menghasilkan 2.100 buah semangka, 1.050 melon dan 1.500 buah jagung manis. 

"Secara rinci akan kami bagikan hasil panen ini dari rumah ke rumah sekitar Kampung Skouw Sae, Skouw Mabo dan Skouw Yambe Distrik Muara Tami Kota Jayapura," tandasnya.

Di tempat yang sama, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan M.Han yang juga menjabat sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi Korem (Dankolaksopsrem) 172/PWY memberikan sambutan dalam acara panen tersebut. 

"Terima kasih kepada Satgas Yonif MR 413/Kostrad yang telah berupaya membuat lahan ketahanan pangan yang luar biasa ini. Inilah bukti bahwa TNI yang berada di Papua ini bisa menjadi solusi, bukan justru menjadi ancaman bagi masyarakat sekalian," ucapnya.

Dikatakan pula, di masa pandemi Covid-19 semua komponen harus menguatkan sektor ketahanan pangan karena satu-satunya sektor yang tidak resesi adalah sektor pertanian, sehingga dapat mencegah terjadinya krisis pangan dan dapat membantu mengatasi kesulitan masyarakat akibat pandemi yang yang kunjung berakhir ini. 

“Semoga, walaupun saat ini baru 1 Hektar yang kita panen diharapkan dapat menggugah masyarakat lainnya untuk bercocok tanam dan menyerap ilmu dari personel Satgas,” tutur Izak mengakhiri.

Turut hadir dalam acara tersebut Wadan Kolaksopsrem 172/PWY Kolonel Inf Achamd Fauzi, Pasiter Kodim 1701/Jayapura Mayor Inf Edi Triwanto, Kepala Dinas Pertanian Kota Jayapura Jean Hendrik Rollo, Kepala Distrik Muara Tami Supriyanto, Kapolsek Muara Tami AKP Jubelina, Danramil Tami Lettu Inf Meraudje serta seluruh unsur tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang berada di ketiga kampung tersebut. (Her)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai