Breaking News

,

Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Tuntaskan Patroli Patok Perbatasan RI-Malaysia Selama 5 Bulan

Satgas Pamtas RI-Malaysia  Yonif 623/BWU di wilayah Sektor Timur saat Patroli patok perbatasan.


JAKARTA, LARAS POST - Patroli patok perbatasan sebanyak 6.849 patok yang merupakan tanggung jawab Satgas Pamtas RI-Malaysia  Yonif 623/BWU di wilayah Sektor Timur dapat dituntaskan dalam kurun waktu lima bulan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 632/BWU Letkol Inf Yordania dalam keterangan tertulisnya di Nunukan, Kalimantan Utara, Selasa (20/10/2020).

Dijelaskan Dansatgas, dengan berakhirnya patroli patok tim 1 di Pos Lumbis SSK IV minggu ke-2 bulan Oktober 2020, Satgas Pamtas Yonif 623/BWU berhasil menuntaskan seluruh patroli patok batas negara disepanjang perbatasan RI-Malaysia di Kabupaten Nunukan.

Patroli patok yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran Pos  Lumbis  Satgas Pamtas Yonif 623/BWU telah selesai secara keseluruhan dengan kembalinya Tim 1 Pos Lumbis ke posnya di Desa Tau Lumbis," ujarnya. 

Pos Lumbis Tim 1 yang dipimpin oleh Letda Inf Donny Iqbal bersama beberapa anggotanya telah  menyelesaikan patroli patok terakhir dengan tanggung jawab patok sebanyak 518 patok batas negara selama 25 hari perjalanan. 

"Tim 1 menjalani medan yang berat dan waktu yang lebih lama sehingga dalam perjalanannya perlu didukung dengan dorongan logistik melalui jalur udara," imbuhnya. 

Lebih lanjut dikatakan, sebelumnya Tim 2 Pos Lumbis telah lebih dahulu menyelesaikan patroli patok sektor kanan selama tujuh hari dengan tanggung jawab patok sebanyak 341 patok yang dipimpin oleh Perwira Topografi Lettu Ctp Abdul Masdar bersama personel Pos Lumbis.

"Patroli patok yang merupakan tanggung jawab Satgas Pamtas Yonif 623/BWU telah selesai secara keseluruhan yang berjumlah 6.849 buah patok. Patroli patok Tim 1 Pos Lumbis telah kembali ke posnya sehingga patroli yang merupakan tugas pokok Satgas Pamtas dinyatakan selesai,"  jelas Dansatgas.

"Selain medan pegunungan yang beragam yang menyebabkan patroli Pos Lumbis merupakan patroli tersulit, juga merupakan patroli patok terlama karena waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan patroli patok sebanyak 859 buah patok memerlukan waktu selama 32 hari dan dorongan logistik dari udara, untuk itulah untuk patroli pos Lumbis dibagi menjadi 2 tim," imbuh Dansatgas.

Yordania menuturkan, sejak awal penugasan di bulan Mei 2020, Satgas Pamtas Yonif 623/BWU telah melaksanakan patroli patok secara bergantian di seluruh jajaran pos Satgas Pamtas Yonif 623/BWU yang dimulai dari jajaran pos SSK I di Pulau Sebatik sampai dengan SSK V di Kecamatan  Krayan, kabupaten Nunukan.  Dari laporan jajaran pos terdapat beberapa patok yang rusak akibat tertimpa pohon, longsor maupun tertimbun tanah.

"Sebagian besar patok ditemukan dalam keadaan baik namun ada beberapa dalam kondisi rusak akibat kondisi alam seperti tertimpa pohon, terkena longsor maupun dalam kondisi rusak. Semuanya sudah terdata dan dilaporkan kepada komando atas," pungkas Dansatgas mengakhiri. (Her)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai