Breaking News

,

Satgas TMMD 109 Karanganyar Belajar Pemanfaatan Limbah Plastik

Satgas TMMD saat belajar memanfaatkan limbah plastik menjadi barang dengan nilai ekonomi tinggi.

KARANGANYAR, LARAS POST - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-109 Kodim 0727/Karanganyar, di Desa Jatiwarno memanfaatkan waktu istirahatnya untuk belajar memanfaatkan limbah plastik menjadi barang dengan nilai ekonomi tinggi.

Hal itu terlihat saat anggota Satgas TMMD Reguler Ke-109 Kodim 0727/Karanganyar, Serda Yuli di sela-sela istirahatnya mengunjungi rumah  ibu Rusmiyati (37) yang tinggal di Dusun Sonosari, Desa Jatiwarno, Kecamatan Jatipuro.

Serda Yuli mengatakan Ibu Rusmiyati bersama pengurus PKK yang lainnya selama ini mampu memanfaatkan plastik bekas menjadi kerajinan tangan yang bernilai tinggi.

“Ibu-ibu PKK ini sungguh kreatif, mereka mampu menciptakan kerajinan tangan dengan memanfaatkan limbah plastik yang selama ini dianggap sebagai sampah yang tidak mempunyai nilai,”ucap Serda Yuli.

Sementara Ibu Rusmiyati mengaku keterampilan yang mereka peroleh dari mengikuti pelatihan di Balai Desa Jatiwarno. Kegiatan ini sangat mendukung  pemerintah dalam hal pengurangan penggunaan sampah plastik. Dikatakan olehnya, ini merupakan upaya menjaga lingkungan sekitar seperti plastik plastik kantong bekas belanja.

“Untuk bahan yang digunakan plastik, kawat, isolasi, sehari bisa dua bunga yang dihasilkan tergantung kesulitan bentuknya untuk hasil sementara dikoleksi sendiri kalau memang ada yang pesan minat bisa juga dipesan" ujar Rusmiyati. (Her/hm/0727)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai