Breaking News

,

Satgas TMMD Dukung Upaya Ketahanan Pangan

Budidaya ayam kampung

SINTANG, LARAS POST
 - Jalinan keakraban antara TNI dan masyarakat dalam gelaran TMMD Reguler ke 109 Kodim 1205 Sintang, di Desa Tirta Karya Kecamatan Ketungau Tengah semakin terlihat jelas. Hal itu dibuktikan ketika Serda Wahyu, Anggota Satgas TMMD Reguler terlihat akrab saat berbincang dengan Pak Jamal, salah seorang waga Desa Tirta karya, Minggu (04/10/2020)

Anggota Satgas TMMD Reguler ini mengisahkan kekagumamnya akan warga Tirta Karya  yang ditengah kesibukan hari-hari melaungkan waktu untuk  beternak ayam kampung. Terlebih saat pandemi virus corona saat ini, budaya ayam kampung masuk dalam upaya dan terobosan mendukung ketahanan pangan.

“Banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat disini untuk mendukung ketahanan pangan, seperti budidaya ikan dan budidaya ayam kampung. Ini sangat potensial dikembangkan di daerah ini,” ujarnya. 

Dia juga mengisahkan bahwa pihaknya juga telah memberikan edukasi kepada warga di lokasi sasaran TMMD terkait sitem pertanian modern. Warga diedukasi untuk mengembangkan sistem pertanian yang memanfaatkan media permukaan air. 

“ini juga upaya untuk mendukung ketahanan pangan didaerah.  Sistem pertanian jenis ini tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Kita sudah edukasikan melalui kegiatan Non Fisik TMMD yakni penyuluhan pertanian.” Pungkasnya. 

Sementara itu Pak Jamal juga mengisahkan alasannya beternak ayam kampung. Selain dapat dikonsumsi ayam akmpung juga dapat dijual dan bernilai ekonomis cukup tinggi. 

“memeliharanya juga tidak repot. Apalagi ayam kampung tidak cerewet soal makanan. Ayam biasanya kami beri makan dengan sisa makanan kami, inilah awalnya, dari pada sisa makanan terbuang percuma, lebih baik untuk hewan ternak,” ceritanya. (Her/1205/Sintang)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai