Breaking News

,

Satgas TMMD Kagumi Karya Seni Menempa Warga Desa Sasaran



SINTANG, LARAS POST - Anggota Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 109 Kodim 120, Serda Habel kagum dengan hasil karya seni menempa oleh Pak Basi, warga Desa Wirayuda Kecamatan Ketunggau Tengah. 

“Saya melihat parang dan mandau hasil tempaan beliau. Sangat rapi dan tajam. Beliau sangat telaten membetuk bongkahan besi menjadi sesuatu yang lebih berguna . Parang misalnya, tentu alat ini akan memudahkan masyarakat melaksanakan aktifitas, sepeti memotong kayu,” ujar serda Habel.

Serda Habel menceritakan bahwa Pak Basi melaksanakan kegiatan menempa tradisional sebagai upaya pelestarian adat dan budaya. Selain itu karya menempa juga bernilai ekonomis.

“Beliau cerita terkadang menempa parang pesanan orang lain. Tentu bernilai ekonomis. Dia juga bilang kegiatan menempa sekaligus sarana olahraga yang sangat baik untuk kebugaran tubuh,” ujarnya.

Dia menceritakan sebagai bahan dasar pak Basi  memanfaatkan besi yang sudah tidak lagi digunakan. Menurutnya apabila besi yang  ada bila tidak dimanfaatkan hanya akan menjadi tua dan rapu. “ sebaliknya bila disulap menjadi berbagai bentuk yang berguna, seperti parang  akan lebih berguna dan bernilai,” terangnya. (Her/1205/Sintang)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai