Breaking News

,

Satgas TMMD Kagumi Kekompakan Warga


SINTANG, LARAS POST - Kegiatan berladang adalah rutinitas sebagian  masyarakat di Kabupaten Sintang terutama masyarakat di perdesaaan. Seperti  kegiatan berladang yang dilakukan warga Dusun Sekajau  Desa Tirta Karya Kecamatan Tengah pada  Senin (05/10/2020). 

Tampak warga bergotong royong melaksanakan penaman padi secara tradisional di salah satu ladang milik warga setempat.   Uniknya lagi sejumlah anggota Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg 109 Kodim 1205/ Sintang turut serta bergotong royong menanam padi.

“ini membuat saya kagum. Bagi masyarakat disini kegiatan berladang bukan sekedar untuk mendapatkan hasil pertanian, tapi juga untuk memupuk kebersamaan dan kekompakan. Karena ladang dikerjakan secara bergotong royong,” ujar Prada Ray Jorby. 

Dia mendengar cerita bahwa kegiatan berladang sudah lama dilakukan masyarakat setempat. Ladang dikerjakan bersama-sama agar dapat saling bercerita sehingga tidak terasa lelah.

“ini sudah terjadi sacara turun temurun,” imbuhnya.

Pihaknya terang Prada Ray telah memberikan penyuluhan pertanian kepada warga di lokasi TMMD yang memanfaatkan media permukaan air. Sistem pertanian tersebut tidak dilakukan di daratan secara langsung dan tidak perlu membuka lahan dengan cara membakar.

“Kita telah berikan penyuluhan pertanian kepada warga bagian dari kegiatan non fisik TMMD. Sistem pertanian yang diedukasikan itu selaras dengan upaya pencegahan polusi akibat kebakaran hutan dan lahan,” pungkasnya.  (Her/1205/ Sintang)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai