Breaking News

,

Wapres Maafkan Tersangka Pengunggah Kolase, Polisi Tunggu Surat

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono

JAKARTA, LARAS POST
– Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memaafkan pengunggah kolase foto Wapres dengan ‘Kakek Sugiono’, Sulaiman Marpaung, Polri masih menunggu surat resmi dari Istana Wapres untuk dijadikan pertimbangan terkait status hukum tersangka.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono mengatakan, Wapres sudah memaafkan tersangka, meski demikian pihaknya belum dapat menghentikan penanganan perkara karena belum medapat surat resmi dari Wapres.

“Wapres sudah memaafkan, tentunya kami tetap berjalan di atas rel. Penyidik akan berpedoman pada KUHAP, apabila nanti betul ada surat dari Istana Wapres misalnya permohonan maaf tadi, itu menjadi pertimbangan penyidik dalam gelar terkait keputusan apa itu semuanya kewenangan penyidik, dilanjutkan sampai ke pengadilan, itu semua penyidik,” ungkap Brigjen Awi Setiyono, di Mabes Polri, Selasa (6/10/2020).

Lebih lanjut Awi menerangkan, pasal yang dikenakan kepada tersangka adalah Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) sehingga tidak memerlukan delik aduan. 

“Kita bukan menggunakan pasal pencemaran nama baik tapi kita gunakan pasal terkait dengan di UU ITE terkait ujaran kebencian berdasarkan sara sehingga itu tidak perlu delik aduan, nggak perlu dari korban melapor. Makanya yang kemarin melapor GP Anshor,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, terkait adanya permintaan untuk dibebaskannya tersangka, semua ketentuan merupakan hak prerogatif tim penyidik.

“Kalau nanti ada permohonan misalnya terkait sudah dimaafkan tidak dituntut, itu nanti diproses penyidik bagaimana hasil gelar, semuanya adalah hak prerogatif penyidik. Kita masih menunggu ya, katanya ada permohonan maaf dan sebagainya tadi tentunya kalau ada surat kita proses,” tandasnya. (her)


Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai