Breaking News

,

Anugerah MHT 2020, Gubernur Anies: Teruslah Menjadikan Jakarta untuk Berkarya

Anugerah MHT 2020
Gubernur Anies Baswedan saat menyerahkan piala MHT 2020 pada salah satu pemenang, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (2/11/2020).

JAKARTA, LARAS POST - Teruslah menjadikan Jakarta untuk berkarya, begitu banyak kejadian Jakarta yang menjadi hikmah di tempat lain. Karena audensnya seluruh Indonesia, apa pun yang dikerjakan di Ibukota akan memiliki implikasi nasional.


Hal tersebut dikatakan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan saat menghadiri secara langsung sekaligus menyerahkan penghargaan kepada insan pers dalam Anugerah JurnalistikMohammad Hoesni Thamrin (MHT) 2020 yang digelar secara virtual, Senin (2/11/2020).


Pada MHT 2020 ini sebanyak tujuh pemenang dari 7 katagori ditetapkan dengan periode publikasi 1 Juli 2019 hingga 30 Mei 2020.


Karya-karya yang turut serta dalam kompetisi adalah karya-karya jurnalistik yang dipublikasikan pada periode 1 Juli 2019 hingga 30 Mei 2020 dan terbagi ke dalam 7 (tujuh) kategori yaitu Produk Jurnalistik Teks, Foto, Video Stasiun Televisi Terestrial, Video Media Massa Televisi Streaming, Jurnalistik Audio, Jurnalistik Infografis, dan Tajuk Rencana.


Dalam sambutannya Gubernur Anies mengapresiasi pihak penyelenggara, terutama dewan juri Anugerah Jurnalistik MH Thamrin yang secara profesional memberikan penilaian, serta para peserta yang telah mengolah peristiwa yang ada di Jakarta menjadi produk berita yang layak dinikmati masyarakat.

foto
Gubernur Anies foto bersama Ketum PWI Pusat Atal S. Depari dan jajaran pengurus PWI Jaya, di Balai Kota, Jakarta, Senin (2/11/2020).

Gubernur Anies Baswedan sangat mengapresiasi kehadiran Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari dan Anggota DPRD DKI Steven Setiabudi Musa. Anies Baswedan pun berulangkali dalam sambutannya menyebut nama keduanya.


“Penghargaan ini mencerminkan kerja keras dewan juri dalam menjaga kredibilitas, saya ucapkan terima kasih telah mereview begitu banyak karya yang telah masuk dan memilih yang terbaik. Kedua untuk para pemenang, kami apreasiasi karena sudah merekam berbagai peristiwa di Jakarta menjadi berita, dan itu memiliki unsur mencerdaskan kehidupan bangsa,” tambahnya.


Lebih lanjut Gubernur Anies berpesan kepada para peserta agar nantinya karya-karya yang dihasilkan harus mampu dinikmati bukan hanya masyarakat Jakarta, melainkan secara nasional maupun internasional.


Untuk itu, Gubernur Anies pun turut berpesan untuk mempertimbangkan bahasa dalam bahasa penyampaian bahasa jurnalistik agar karya tersebut mempunyai penikmat yang lebih luas. “Jadi pertimbangkan audiens-nya nasional ataupun lebih luas lagi. Bahkan mulai gunakan subtitle Bahasa Inggris, sehingga karya kita harus dapat dipahami oleh masyarakat global karena Jakarta adalah pemain dunia. Dan Jakarta ingin menjadi kota yang audiens-nya global,“ lanjut Gubernur Anies.


Selain itu Gubernur juga berharap jurnalis di Ibu Kota juga tak segan menggunakan kata-kata yang diambil dari bahasa daerah sehingga implikasinya dapat memperkaya bahasa Indonesia. Gubernur Anies mencotohkan penggunaan kata Lingko sebagai kata yang diambil dari bahasa masyarakat Manggarai.


“Berikutnya saya berharap teman-teman jurnalis memperkaya bahasa indonesia, kami di (Pemprov DKI) Jakarta mendorong hal itu, salah satunya penggunaan adalah kata Jaklingko yang diambil dari Manggarai, lalu Moda Raya Terpadu (MRT) dan lain sebagainya,” tandasnya.


Perlu diketahui, Anugerah Jurnalistik Mohammad Hoesni Thamrin adalah kompetisi tahunan yang merupakan kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi DKI Jakarta. Penjurian dilaksanakan oleh Dewan Juri yang terdiri dari tujuh panelis yang berasal dari PWI Jaya pada periode 26 Agustus sampai dengan 14 September 2020.


Dalam penyelenggaraannya yang ke-46 ini, Anugerah Jurnalistik MH Thamrin didominasi karya-karya Jurnalistik terkait kebencanaan. Hal tersebut sesuai dengan kondisi Jakarta yang mengalami banjir pada awal Januari 2020 lalu. Tujuh kategori produk jurnalistik yang dilombakan yaitu Produk Jurnalistik Teks, Foto, Video Stasiun Televisi Terestrial, Video Media Massa Televisi Streaming, Jurnalistik Audio, Jurnalistik Infografis, dan Tajuk Rencana.


Karena Pandemi Covid-19 acara digelar sangat terbatas dengan protokol kesehatan secara ketat. Peserta pun hanya dihadiri beberapa undangan, namun peserta umum dapat menyaksikan via video zoom dan media sosial yang disiarkan melalui kanal fecebook PWI DKI Jakarta. 


Acara tersebut juga dihadiri secara langsung oleh Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari, serta jajaran pengurus teras PWI Jaya. 


Di samping ketujuh pemenang, hadir sejumlah undangan lainnya. Salah satu undangan yaitu perwakilan sponsor politisi PDIP yang juga anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Steven Setiabudi Musa.


Acara tersebut turut didukung Djarum Foundation, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), FIF, Pegadaian, Bank DKI, Bank BRI, Gabungan Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), dan Steven Setiabudi Musa melalui "Sahabat Steven Musa".


Daftar nominasi dan pemenang utama Anugerah Jurnalistik MH Thamrin 2020 sebagai berikut:

A. Kategori Produk Jurnalistik Audio

1. Mitigasi Bencana Tantangan Proyek Fase 2 MRT Jakarta, Menjawab Tantangan Dunia - RRI (Pemenang Utama)

2. Damin, Setia menjaga pulau yang bersejarah yang tak pernah beristirahat - RRI

3. Urbanisasi Saat Ini: Kisah Manis Jakarta yang Selalu Mengundang Semut-Semut dari Desa - El Shinta


B. Kategori Produk Jurnalistik Foto

1. Menengok Tempat Pesan Makanan Pakai Tali Ember di Ibu Kota - detik.com (Pemenang Utama)

2. Petugas Bersihkan Sungai - Kompas

3. Ketika Banjir Melumpuhkan Transportasi Ibu Kota - bisnis.com


C. Kategori Jurnalistik Infografis

1. Data Pemantau Covid-19 DKI Jakarta - medcom.id (Pemenang Utama)

2. Dana Bantuan Banjir Untuk Korban Banjir DKI - antaranews.com

3. Korban Banjir Jakarta, Banten & Jabar - tempo.co.id


D. Kategori Produk Jurnalistik Video Massa Televisi Streaming

1. Membendung Banjir Jakarta - kumparan.com (Pemenang Utama)

2. Solusi Menyeluruh Banjir Jakarta - tempo.co

3. Jakarta Adalah Kunci Hari Pertama PSBB di DKI akarta - media indonesia


E. Kategori Produk Jurnalistik Video Stasiun Tv Terestrial (Pemenang Utama)

1. Aiman – Banjir Raksasa di Jabodetabek - Kompas TV

2. Banjir Pergi Hujatan Datang Fakta - TV One

3. Dua Sisi Ondel-Ondel - Metro TV


F. Kategori Tajuk Rencana

1. Atasi Ketimpangan Kota - Koran Tempo (Pemenang Utama)

2. Sengkarut Monas - Media Indonesia

3. Kota dan Ruang Interaksi - Koran Sindo


G. Kategori Produk Jurnalistik Teks

1. Wabah dan Sampah di Ibu Kota - Antaranews.com (Pemenang Utama)

2. Menjaga Warisan Sepenggal Masa Cikini - Kompas

2. Ibu Kota Bersiap Menutup Diri - Koran Tempo

(TB/sg)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai