Breaking News

,

Dinas PU SDA Kabupaten Malang Melakukan Normalisasi Saluran Irigasi Dam Tumpang

Dinas PU SDA Kabupaten Malang Melakukan Normalisasi Saluran Irigasi Dam Tumpang
Pengerjaan normalisasi saluran irigasi.

MALANG, LARAS POST - Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP), Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA) melakukan pengerukan Saluran irigasi yang berada di DAM Tumpang tepatnya di Desa Tumpang Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang.


Pengerukan saluran irigasi yang dilakukan ini, bertujuan untuk menjaga agar jaringan saluran irigasi selalu berfungsi dengan baik, sehingga dapat dioperasikan secara optimal.


Farid Habibah S.T. MT selaku kepala bidang (KABID) OP kepada media mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan oleh DPU SDA, khususnya Bidang OP.


"Kegiatan pengerukan saluran ini rutin kami lakukan di seluruh saluran irigasi yang ada di Kabupaten Malang," pungkasnya.


Tujuannya, agar saluran irigasi selalu berfungsi dengan baik, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya bagi para petani pengguna air.


pengerukan yang dilakukan pada setiap saluran irigasi ini terfokus pada sungai yang mengalami pendangkalan, agar air sungai dapat mengalir dengan baik dan lancar sehingga pada saat musim hujan, aliran air tidak meluap ke perumahan warga seperti yang terjadi sebelumnya.


kegiatan lain (DPU SDA),khususnya di bidang operasi dan pemeliharaan, selain normalisasi saluran, pihaknya juga terus memprioritaskan perbaikan pintu-pintu air khususnya di bendungan.


Sebab, pintu air irigasi menjadi penting bagi kelangsungan pertanian warga dalam mendistribusikan air, apalagi saat musim kemarau.


Supriyanto (50), petani warga desa Tumpang saat ditemui awak media mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan (DPU SDA) dalam merawat saluran air yang berpotensi menimbulkan banjir tersebut.


"Saya mewakili petani disini mengucapkan banyak terima kasih kepada DPU SDA yang sudah membantu merawat saluran air khususnya di DAM desa Tumpang yang kadang rawan banjir dikarenakan dangkalnya aliran air di sungai ini," tutupnya. (gan)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai