Breaking News

,

Dukung Ketahanan Pangan, Danramil Pondok Gede Hadiri Pelatihan Media Tanam Hidroponik



BEKASI, LARAS POST - Guna mendukung ketahanan pangan nasional  menumbuhkan kreativitas di bidang tanaman Danramil beserta jajaran camat menggelar pelatihan Media Tanam Hidroponik, di Pendopo Kel Jatiwaringin RT 02/08 Kel Jatiwaringin Kec Pondok Gede Kota Bekasi, Rabu (18/11/2020).

Lurah Jatiwaringin Reward Aprial, memimpin langsung pelatihan cara penanaman yang dihadiri 40 peserta yang terdiri dari para keder PKK dan Karang Taruna.

Pada kesempatan itu, Danramil, menyampaikan, pertahanan pangan, tidak lepas dari UU No. 18/2012 tentang Pangan. 

Disebutkan dalam UU tersebut bahwa Ketahanan Pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup.
"Baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan," ucapnya.

"Dalam Hanpangan ini kami memiliki program dari Jenderal TNI Andika Perkasa Kasad, bahwa di masing-masing di lingkungan Kantor TNI AD khusus nya di Koramil memiliki tanaman Hidroponik diharapkan minimal ada hasil pertanian, sehingga bisa dinikmati oleh para anggota Koramil dan keluarganya apalagi di masa Pandemi Covid-19, biaya dapur berkurang, dalam giat pertahanan pangan agar dapat bertahan hidup," ujarnya.

Danramil menyebutkan, banyak hal yang dapat ditanam di halaman rumah, seperti Sawi, Kangkung, jahe dan memelihara  ikan lele serta pertanian lainnya. "Apalagi kalau bisa menghasilkan panen yang lebih besar atau banyak tentunya bisa menambah ingkam pendapatan dan tidak repot harus belanja ke pasar," tandasnya.

Ia berharap para komunitas atau kelompok pencinta Hidroponik terus bentuk organisasi yang berkelanjutan untuk saling melestarikan tanaman di lingkungan.

Hal senada juga disampaikan Camat Pondok Gede Nesan Sujana, bahwa di Pondok Gede telah memiliki kelompok di setiap kelurahan dalam hal pembuatan hidroponik diharapkan berhasil meraih juara.

Terkait RW siaga di tingkat Kota Bekasi penanaman hidroponik ini diharapkan membuka kesempatan untuk meraih juara.

Apabila hasilnya telah bagus dan panennya sudah banyak serta ada yang siap menampung untuk hasil bersekala besar.

"Saya juga akan membuat media tanam Hidroponik di halaman belakang kantor kecamatan dan juga kita bekerja sama dengan Karang Taruna," imbuh Camat.

Pada kesempatan itu tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19.

Hadir dalam kegiatan tersebut, ASN Nesan Sujana (Camat Pondok Gede), Mayor Inf Rahmat Triono S.Ag M.M( Danramil 02/P. Gede.
- ASN Reward Aprial (Lurah Jatiwaringin) 
- Serka M. Zais ( Babinsa Jatiwaringin ).
- Bpk Wario (Kasi Permasbang)
- Bpk Sarmin (Ketua Bkm)
- Para ketua RT/RW se Kel Jatiwaringin.
- warga Kel Jatiwaringin. (egi)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai