Breaking News

,

Ikan Hias, Bisnis Menjanjikan di Tengah Pandemi

Arman, salah seorang penggemar sekaligus pelaku usaha ikan hias jenis predator di Serang, Banten.


SERANG, LARAS POST - Ada beberapa jenis ikan hias yang sudah lama ditekuni oleh para penggemar ikan hias. Bahkan menjadi usaha yang menguntungkan bagi banyak pelaku bisnis ini. 

Jenis ikan hias yang sudah tidak asing lagi antara lain ikan hias jenis cupang. Juga ikan hias yang hidup di bukan air tawar atau air laut. Untuk ikan hias yang hidup di bukan air tawar lebih sulit perawatanya.

Saat ini, tren jenis ikan hias jenis cupang dan ikan hias air laut, sudah kalah pamor dengan jenis ikan hias predator. Ini adalah jenis ikan air tawar yang berasal dari sungai sungai besar di Kalimantan bahkan dari Luar Negeri. Bisa disebutkan beberapa jenis ikan tersebut. Yakni, Chana, Peacok bass, Oscar, Arwana, dan banyak lagi.

Berbeda dengan ikan hias jenis cupang, ikan hias predator lebih spesifik dalam hal perawatan dan pemeliharaannya. Begitu pula harganya. Ikan-kan predator lebih mahal.

Simaklah pengakuan Arman, salah seorang penggemar sekaligus pelaku usaha ikan hias jenis predator di Serang, Banten.

Menurut Arman, pelaku usaha jenis ikan ini masih tergolong jarang. Di kota Serang sendiri baru ada sekitar 30 orang, dan itu pun masih tergolong penggemar.

"Sedangkan untuk pelaku usaha, sekitar 20 orang," paparnya, Selasa (17/11/2020) malam.

Aek, pelaku usaha jual beli ikan hias jenis predator yang tinggal di Kecamatan Ciracas, Kota Serang, menyebut jika bisnis ini mulai booming semenjak pandemi Covid-19. 

"Rumah saya hampir setiap malam ramai dikunjungi para penggemar ikan hias predator. Ada yang memang berniat membeli, ada juga yang hanya sekadar melihat- melihat ikan yang ada di sana," kata Aek.

Ada hal menarik yang disampaikan Arman dan Aek. Para pelaku usaha ikan hias predator ini ingin mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Khususnya, dalam hal memfasilitasi tempat khusus untuk jual beli.

Seperti dicontohkan oleh Aek. "Di Jakarta ada tempat di bilangan Jatinegara yang dijadikan ajang jual beli para penggemar ikan hias predator dari berbagai daerah, " tegasnya.

Maka, sekiranya di Kota Serang ada tempat serupa, bisa dipastikan para penggemar ikan hias jenis ini banyak berdatangan dari kota kota di Provinsi Banten.

Arman dan Aek yakin, usaha jual beli ikan hias jenis predator ini masih sangat menjanjikan. Terlebih tren nya untuk di Kota Serang masih terbatas.

Mereka menyebut, lambat laun, tentunya seiring dengan kemajuan teknologi, pemasaran jual beli ikan hias ini lewat media online instagram, facebook dan sebagainya akan semakin diminati.

Koh Aek selain menyediakan berbagai jenis ikan predator juga menyediakan pakan ikan dari ikan ikan kecil seperti udang kecil dan lainnya. 

Di samping itu, ia juga bisa menyediakan media untuk ikan itu sendiri, seperti aquarium dan kelengkapannya. (TB)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai