Breaking News

,

Terapkan Prokes Covid-19, Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 815 Berlangsung Khidmat

Terapkan Prokes Covid-19, Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 815 Berlangsung Khidmat
Tarian adat lokal dalam Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 815 tahun 2020.

TULUNGAGUNG, LARAS POST - Terapkan protokol kesehatan Covid-19, pelaksanaan acara Bersih Nagari dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-815 tahun 2020 berlangsung khidmat, Rabu (18/11/2020).

Acara yang berlangsung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa masih tetap meriah meski dengan peserta terbatas.

Kedatangan arak-arakan peserta kirab panji lambang daerah Kabupaten Tulungagung yang mengiringi dua buah tumpeng raksasa (red. Tumpeng lanang dan tumpeng wadon) disambut dengan bahagia oleh Bupati Tulungagung beserta jajarannya. 

"Arak-arakan prosesi tahun ini berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena dalam masa Pandemi covid 19, peserta dibatasi sesuai protokol kesehatan," kata Bupati Tulungagung Maryoto Birowo di Pendopo. 

Untuk arak–arakan, lanjutnya, di mulai dari halaman luar Pendopo, dengan rombongan pertama yaitu group drum band tradisional, diikuti raja dan ratu berserta prajurit dan penari serta pembawa panji (Pataka) Tulungagung dan 2 buah tumpeng raksasa berupa Tumpeng Lanang dan Tumpeng Wadon dan diikuti beberapa tokoh adat yang mengenakan pakaian tradisional Jawa.
Terapkan Prokes Covid-19, Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 815 Berlangsung Khidmat
Proses pemotongan tumpeng oleh Bupati pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 815 tahun 2020.

Sebagai Bupati, Maryoto mengajak seluruh warga Tulungagung untuk bersyukur pada Tuhan yang Maha Esa atas anugerah yang diberikan.

Maryoto berharap, peringatan hari jadi mampu memacu semangat warga masyarakat Kabupaten Tulungagung dalam meningkatkan perekonomian warga Tulungagung.

"Perekonomian warga meningkat pembangunan daerah kedepan akan maju menuju Tulungngagung Ayem Tentrem Mulyo lan Tinoto," katanya. 

Acara Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ini ditandai dengan Penyerahan Pataka lambang daerah kabupaten tulungagung dari ketua DPRD kepada Bupati Tulungagung dan pemotongan tumpeng oleh Bupati Tulungagung.

Setelah itu, tumpeng buceng lanang dan wadon dibawa keluar Pendopo untuk diperebutkan para warga yang hadir. (mo)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai