Breaking News

,

Tetap Eksis di Tengah Pandemi, Pasar Ikan Muara Angke Terapkan Prokes

Ketua Asosiasi Pedagang Ikan Muara Angke
Ketua APIMA, Haji Dede saat di lokasi pasar ikan Muara Angke, Jakarta Utara. (Foto: TB)

JAKARTA, LARAS POST - Roda bisnis di Pasar Ikan Muara Angke tetap berputar di tengah pandemi Covid-19. Geliatnya bahkan melebihi Muara Baru, sentra penjualan hasil laut lainnya yang sama-sama berlokasi di wilayah perairan Jakarta Utara.


"Muara Angke lebih eksis di banding Muara Baru," ungkap Haji Dede, ketua Asosiasi Pedagang Ikan Muara Angke (APIMA) kepada Laras Post dan beberapa rekan wartawan lain, Rabu (11/11/2020) malam lalu.


Berbagai jenis ikan Ikan laut ada di Pasar Ikan Muara Angke ini. Ikan kerapu, kakap, tongkol, cakalang, tuna dan banyak lagi ikan lainnya. Begitu pula ikan air tawar seperti ikan lele, mujair, hingga ikan gurame mudah ditemui, Ada juga berbagai kerang, cumi-cumi hingga kepiting, maupun lobster. 


Aktivitas Pedagang Ikan di Pasar Muara Angke ini tidak pernah sepi, dari pukul 16.00 sore sampai dengan pukul 06.00 WIB pagi. 


Selepas senja, saat malam tiba, tampak pula berjejer rapi angkutan para pembeli yang siap membawa ikan-ikan tersebut ke berbagai pasar tradisonal di Jabodetabek


Haji Dede mengungkapkan, selama masa Pandemi Covid-19 ini, omset memang mengalami perubahan.


Seperti saat beberapa pasar tradisional di wilayah Jakarta ditutup pemerintah lokal beberapa hari akibat ada yang terpapar covid-19. 


Akibat penutupan pasar tersebut, otomatis para pedagang libur dan tidak berbelanja ke Pasar Ikan Muara Angke. Namun sejak dua bulan ini, penjualan ikan di Pasar Muara Angke ini bisa dikatakan kembali normal. 


Ikan yang ada di Pasar Muara Angke ini datang dari berbagai daerah, Jawa Timur, Lampung, Palembang, Balik Papan. Sedangkan ikan ini dipasok untuk wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, Serang, Depok dan sejumlah pasar lainnya.



Terapkan Protokol Kesehatan (Prokes)


H. Dede menceritakan bagaimana setiap insan yang terlibat di Pasar Ikan Muara Angke berupaya kuat menjaga protokol kesehatan dengan baik. 


“Di masa Pandemi Covid-19 ini, para pedagang ikan, kuli angkut, maupun pembeli selalu kita ingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan,” kata H Dede.


Sebagai Ketua Organisasi di Pedagang Ikan Muara Angke, H Dede bukan saja mengurusi ratusan anggotanya, akan tetapi di masa pandemi ini, ia pun turut serta dalam mensosalisasikan agar para pedagang, kuli angkut, serta pembeli terhindar dari Covid-19.


Untuk itu APIMA bekerjasama dengan Unit Pengelola Pelabuhan Perikanan (UPPP) Muara Angke, Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertaninan ((DKPKP) Provinsi DKI Jakarta memberikan edukasi dan sosialisasi, cara pencegahan penularan Covid-19. 


Selain itu pula UPPP Muara Angke bekerjasama dengan APIMA melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sekeliling pasar dan ruang- ruang publik kawasan Muara Angke.


“Kita juga minta kepada para pengunjung yang ingin berbelanja ikan selain menggunakan masker, juga melakukan tes suhu, membersihkan tangan dengan hand sanitizer atau cuci tangan dengan sabun. Kita menyediakan di beberapa titik tempat untuk mencuci tangan,” ungkapnya.


Kegiatan penyemprotan cairan disinfektan dan pengecekan suhu juga mendapat respon positif dari warga dan pengunjung pasar ikan Muara Angke. Dengan melakukan hal tersebut para pedagang ikan semakin paham dan peduli terhadap kesehatan dalam menghadapi Virus Corona. 


Bahkan pihaknya selalu melakukan sosialisasi penggunaan masker, apalagi hal ini sudah ketentuan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal itu berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.


“Untuk protokol kesehatan seperti pengunaan masker, APIMA sudah dua kali membagikan masker, yang pertama jumlahnya 3000 masker dan 1500 masker kepada pedagang, kuli angkut dan pekerja lainnya. Alhamdulillah mereka antusias,” ungkap H Dede yang sejak tahun 1986 sudah mulai berdagang di Pasar Ikan Muara Angke.


Pria Keturunan Palembang-Sukabumi ini menyebutkan bahwa di Pasar Muara Angke belum ada yang terpapar Covid-19. 


“Alhamdullilah disini belum ada yang terpapar, disini juga dilakukan kita bekerjasama dengan terkait melakukan rapid tes bagi para pedagang, tukang angkut, pengunjung, dan hasilnya negative,” kata H Dede. 


"Anjuran 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak harus diterapkan dengan benar. Kita harus menjaga kesehatan, supaya keluarga yang ada dirumah juga terhindar dari penyakit," ucapnya menutup pembicaraan.(TB)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai