Breaking News

,

Wartawan LARAS POST Raih Juara I Lomba Kartun Nasional

Pujo Asmanto
Wartawan LARAS POST yang juga kartunis Pujo Asmanto

SURABAYA, LARAS POSTWartawan LARAS POST, Pujo Asmanto (Demak) berhasil meraih juara I lomba kartun nasional, yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya.

Penyerahan hadiah dilaksanakan pada, Senin 16 Oktober 2020 di Kantor KPU Kota Surabaya, setelah sebelumnya dilakukan pengumuman pemenang lomba, pada Kamis 12 November 2020.

Lomba kartun dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya Tahun 2020 ini, mengusung tema: Pilwali Kota Surabaya di Masa Pandemi.

“Lomba ini diadakan sebagai bentuk sosialisasi KPU kota Surabaya kepada masyarakat, sekaligus apresiasi masyarakat terhadap Pilwali Kota Surabaya,” kata salah satu panitia penyelenggara.

Selain itu , melalui kartun, KPU ingin menggaet segmen pemilih dari kalangan seniman dan milenial. Dengan melalui lomba kartun diharapkan dapat mendongkrak minat masyarakat dalam menggunakan hak suaranya. 

Meski difokuskan untuk Kota Surabaya, tapi lomba kartun Ini terbuka secara nasional.

Ada pun peserta yang ikut dalam lomba ini, berasal dari 12 provinsi dan 50 kabupaten atau kota, dengan total karya yang masuk sebanyak 270 karya.

"Ini bukti antusiasme masyarakat sangat tinggi," kata Wahyu Kokkang, kartunis yang juga ketua dewan juri. 

Ia menjelaskan, dasar penilaian meliputi tiga aspek yaitu, menyangkut orisinalitas karya, kekuatan pesan dalam gambar, dan  unsur humor.

Ada pun pemenang lainnya, Fitriyadi (Kendal) sebagai juara II,  M. Syaifuddin Ifoed (Tangerang) sebagai juara III dan Edi Dharma (Jambi) sebagai juara III. (jo, feri)


Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai