Breaking News

,

BLT-DD Bulan Maret Selesai Disalurkan, Pemdes Jengglungharjo Berharap Bansos Dapat Meringankan Beban Ekonomi Masyarakat

Warga penerima BLT-DD Desa Jengglungharjo.


TULUNGAGUNG, LARAS POST
- Bantuan sosial tunai yang bersumber dari Dana Desa (DD) atau disebut Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) periode bulan Maret sudah selesai disalurkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Jengglungharjo Kecamatan Tanggunggunung, Senin (29/03/2021) lalu.


Bansos untuk warga miskin yang terdampak covid-19 itu disalurkan kepada 37 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang merupakan warga desa setempat.


Kepala Desa Jengglungharjo Rudi Santoso mengatakan, penerima BLT-DD merupakan masyarakat miskin yang terdampak covid-19 di luar penerima BST, Kartu Pra Kerja, PKH, BPNT ataupun Bansos lainnya.


"Verifikasi dan validasi penerima BLT-DD ini sudah melalui musdes khusus yang melibatkan RT, RW, BPD dan lembaga Desa lainnya," kata Rudi di Kantornya, Senin (12/04/2021).


Menurut Kades, BLT-DD merupakan bagian dari menjalankan amanat Permendesa 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa 2021. Selain itu, penyaluran BLD-DD juga bagian dari salah satu upaya mewujudkan program pembangunan nasional berkelanjutan.


"Amanat Permendes 13 Tahun 2020 diantaranya mewujudkan Desa Tanpa Kemiskinan dan Kelaparan, realisasinya adalah BLT-DD," jelasnya.


Sebagai Kepala Desa, Rudi berharap bantuan sosial sebesar 300 ribu itu dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat akibat pandemi covid-19 saat ini.


Diketahui, penyaluran BLT-DD dilaksanakan di Balai Desa Jengglungharjo dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) covid-19 yang ditetapkan oleh Pemerintah.


Penyaluran Bansos juga dihadiri oleh Forkoimca Tanggunggunung, Perangkat Desa Jengglungharjo, Babinkamtibmas, dan Babinsa yang bertugas di Desa setempat. (Dwi)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai