Breaking News

,

Kades Miliki Mobil Dinas, Warga Desa Parhabinsaran Janjimatogu Pertanyakan Penyerapan DD

Mobil dinas milik Pemdes Parhabinsaran Janjimatogu yang disoal warga.


TOBA, LARAS POST
- Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019 yang digelontorkan Menteri Keuangan Repubik Indonesia(RI) seyogyanya dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kesejahteraan rakyat.


Namun, apa yang terjadi di Kabupaten Toba, persisnya di Desa Parhabinsaran Janjimatogu Kecamatan Uluan, oknum Kades diduga memanfaatkan Dana Desa untuk keperluan membeli mobil dinas berplat merah.


Masa pandemi Covid-19 yang berakibat pada resesi ekonomi, Presiden Jokowi mengeluarkan perintah kepada seluruh pemerintah daerah agar seluruh desa memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa tersebut.


Terkait hal itu wartawan LARAS POST bersama wartawan lain yang bertugas di Kabupaten Toba mengunjungi Kantor Desa Parhabinsaran Janjimatogu guna mencari informasi, Kamis (8/4/2021).


Sekdes, D. Manurung membenarkan, bahwa mobil yang menggunakan plat merah itu adalah aset desa. "Bukan aset Bumdes Desa yang bersumber dari APBN namun itu adalah aset desa atau ADD yang bersumber dari APBD Kabupaten Toba," ucap Manurung saat dikonfirmasi.


Perlu diketahui bahwa, anggaran dana desa (DD) yang bersumber dari APBN dan alokasi dana desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Toba.


Kepala Desa Parhabinsaran Janjimatogu Jakuat Manurung saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp membantah bahwa mobil yang berplat merah tersebut bukan mobil desa melainkan mobil Bumdes.


Namun masyarakat setempat tetap menyayangkan kebijakan Kades tersebut. Salah seorang warga desa Parhabinsaran Janjimatogu yang enggan disebut namanya mengatakan, bahwa pembelian mobil kepala desa tidak pernah dimusyawarahkan dalam Musdes.


Camat Uluan, Henri Butarbutar, ketika dikonfirmasi terkait mobil dinas Kades tersebut ia tidak dapat memberi tanggapan. "Silahkan langsung saja kepada kepala desanya biar lebih jelas," tandas Henri dengan jawaban yang ketus. (Tanda/Hendri)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai