Breaking News

,

12 SISWA PUSDIKLAT BAHASA ASAL TUJUH NEGARA SAHABAT SERBU KAMPUS UN-HAN SENTUL BOGOR

Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan TA 2021 sebanyak dua belas siswa mancanegara dari tujuh negara sahabat saat melaksanakan widyawisata ke Kampus Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI), Sentul Bogor, Rabu, (16/06).

JAKARTA, LARAS POST - Berdasarkan program pendidikan dan pelatihan Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan TA 2021 sebanyak dua belas siswa mancanegara dari tujuh negara sahabat melaksanakan widyawisata ke Kampus Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI), Sentul Bogor, Rabu, (16/06/21)

Program kunjungan ini dengan maksud sebagai aplikasi program pendidikan dan pelatihan yang dikemas dalam widyawisata, sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan Praktek Bahasa Lapangan (PBL) dan orientasi budaya Indonesia. Di samping itu, sebagai refreshing belajar berbahasa Indonesia di luar kampus Pusdiklat Bahasa, dan untuk mengetahui lokasi kampus Unhan yang nantinya sebagai almamaternya. 

Oleh karena itu, dirasa sangat tepat pada kesempatan kunjungan ini untuk berinteraksi dengan staf Unhan dan mengenal lebih dekat keberadaan kampus Unhan yang sangat bagus dan megah ini dan dapat menanyakan langsung hal-hal lain berkaitan dengan program studi maupun sistem perkuliahan yang nantinya akan diikuti. 

Kata sambutan Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Brigjen Yudhy Chandra Jaya, M.A. yang dibacakan oleh Kepala Kelompok Bahasa Pusdikat Bahasa Badiklat Kemhan Kolonel Laut (KH) Dr. Bambang Nurkahim, M.M., M.A.P. sekaligus sebagai ketua rombongan dan didampingi oleh Widyaiswara lain Kolonel Adm. Drs. Sudiyatno dan PNS IV/c Dra. Suhaeni, M.M.

Dalam kunjungan tersebut diterima oleh Wakil Dekan Fakultas  Strategi Pertahanan Unhan Brigadir Jenderal TNI Sammy Ferijana, S.Sos.M.Si. Karoum, Brigjen TNI Dr. Priyanto,S.I.P.,M.Si.(Han) Kabag Kerma Kolonel Adm. Dr. Rujito.

Program tersebut diikuti 12 siswa mancanegara yang terdiri dari 7 negara sahabat antara lain dari  Nigeria; Kolonel Angkatan Darat Anthony Wende (Wandi),  Kolonel Angkatan Darat Aremu Sherif Owoyale (Aryo), Sipil Remir Joseph Eklou (Jono); Pakistan; Letkol Angkatan Udara Hassan Raza Hashmi (Hasto);  Laos; Mayor Angkatan Darat Anouphone Inthaly (Poniman), dan Mayor Angkatan Darat Ketsana Sengdara (Nana); Thailand; Letnan Kolonel AD Eakarat Mukpapart (Eko); UEA; Letnan Kolonel AD T. Khamis Ali Altenaiji (Riki), Korea; Mayor AL Taehun Ji (Sutarji), dan dari Zimbabwe; Letnan Kolone AD Willie Mandigo (Mandor), Chief Inspector/Polisi Newman Sango (Tarzan), Chief Inspector/Polisi Rangarirai Waini (Boas Solosa).

Tampak dalam kunjungan tersebut semua siswa sangat antusias dan senang karena selama situasi pandemi proses belajar hanya di kelas, sehingga untuk program Kuliah Kerja Lapangan untuk sementara ditiadakan.

Dalam kunjungan tersebut setelah melihat profil Unhan dimanfaatkan untuk diskusi dan tampak siswa dari Laos,  Pakistan dan dari Zimbabwe izin bertanya berkaitan dengan program Unhan dan fasilitas selama kuliah di Unhan. Seluruh siswa dari mancanegara ini akan mengikuti kuliah program Pascasarjana S-2 yang akan aktif dimulai Agustus bulan depan.

Sebagai persyaratan untuk mengikuti kuliah di Unhan, salah satunya adalah harus lulus Kursus Intensif Bahasa Indonesia (Kibina) yang diselenggarakan di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan selama 7 bulan yang terbagi 4 bulan untuk tingkat dasar dan 3 bulan untuk tingkat menengah. Hal ini sebagai komitmen bersama bahwa Pusdiklat Bahasa memiliki peranan sangat strategis sebagai pintu gerbang untuk melihat dunia. Kepada mereka yang akan pergi atau belajar ke luar negeri maupun yang akan belajar di Indonesia, maka harus melalui Pusdiklat Bahasa untuk mendapatkan pembekalan bahasa, budaya dan berbagai jenis makanan.

Selama kunjungan diberikan kesempatan untuk berkeliling menikmati udara segar dengan berbagai fasilitas antara lain; lapangan apel, auditorium, perpustakaan dan museum serta berinteraksi praktik berbahasa dengan calon Kadet Mahasiswa yang sedang mengikuti seleksi.

Kunjungan diakhiri dengan foto bersama dengan pejabat Unhan dan langsung kembali ke Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan serta berkesempatan menikmati menu Indonesia makan siang bersama. (Her)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai