Breaking News

,

Bangkitkan Ekonomi, Dosen Unesa Bikin Workshop Creative Design Entrepreneur Untuk Guru TK

Ketua Tim PKM Jurusan PG PAUD FIP UNESA Mallevi Agustin Ningrum, S. Pd, M. Pd.

TULUNGAGUNG, LARASPOST - Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup signifikan pada sektor ekonomi masyarakat, bahkan tenaga pendidikpun khususnya guru TK tidak lepas dari dampak Pandemi covid-19 yang melanda setahun terakhir ini.

Menjawab keresahan tersebut, sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Pendidikan Guru PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) mengadakan workshop creative Design Entrepreneur.

"Pelaksanaan PKM ini dilatarbelakangi oleh temuan di lapangan bahwa perekonomian semakin terpuruk semenjak pandemi covid-19 yang terjadi satu tahun terkahir," kata Ketua Tim PKM Jurusan PG PAUD FIP UNESA Mallevi Agustin Ningrum, S. Pd, M. Pd. melalui pesan Whatsapp. Senin (6/12/2021).

Wanita yang akrap disapa Levi ini melanjutkan, kelompok sasaran dari pengabdiannya adalah IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia) Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.

Mengingat masih dalam masa Pandemi covid-19, kata Levi, maka tidak diperbolehkan untuk mengundang massa, yang artinya PKM yang dilakukan memakai sistem online. Walaupun demikian, tidak mengurangi antusias dari peserta workshop yang dibuatnya.

"Pelaksanaan PKM ini mendapatkan antusiasme dari peserta workshop, terbukti dari keaktifan peserta dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dan hasil yang signifikan dari hasil pretest dan posttest yang dikerjakan oleh peserta," ungkapnya.

Dijelaskannya, pemilihan materi workshop creative design entrepreneur diharapkan bisa menambah pengetahuan guru TK agar dapat menghasilkan ide kreatif wirausaha mandiri yang dapat dijalankan sebagai sampingan mengajar di lembaga TK.

Dengan begitu, guru TK bisa menambah penghasilan diluar gaji yang diperolehnya sebagai tenaga pendidik, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga paling tidak bisa bertahan dalam menghadapi pandemi covid-19.

Untuk diketahui, Workshop Creative Design Entrepreneur dilaksanakan pada 1 Agustus 2021 lalu. Peserta dari kegiatan Workshop adalah guru TK yang tergabung dalam IGTKI Kecamatan Benceng Kabupaten Gresik.

Didalam Tim PKM Jurusan PG PAUD FIP UNESA ada 4 orang yang terdiri 1 Ketua dan 3 orang anggota antara lain sebagai berikut; Mallevi Agustin Ningrum, S. Pd, M. Pd. (Ketua), Dr. Sri Setyowati, M.Pd.,Sri Widayati, S. Pd, M.Pd., dan Dr. Ruqoyyah Fitri, S. Ag, M. Pd. (Dwi)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai