Breaking News

,

Sidak Sejumlah Toko, Dinkes Tulungagung Temukan Makanan tak Layak Konsumsi


TULUNGAGUNG, LARAS POST - Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung melakukan inspeksi mendadak (sidak) atau razia ke sejumlah sarana Sidak Tempat Sejumlah Toko, Dinkes Tulungagung Temukan Makanan Tidak Layak Konsumsi makanan dan toko di wilayah Kabupaten setempat. Razia dilakukan bertujuan untuk memastikan kelayakan pangan yang beredar di wilayah Tulungagung.

Kepala Dinkes Tulungagung melalui Kasi Farmasi dan Perbekalan, Masduki mengatakan, sedikitnya ada 7 sarana penyedia pangan di Tulungagung menjadi sasaran razia. 7 sarana penyedia pangan itu dilakukan pemeriksaan guna memastikan bahan pangan dan makanan yang siap saji di tempat itu kwalitasnya bagus dan terjamin untuk di konsumsi masyarakat.

Dari hasil pemeriksaan, lanjut Masduki, Dinkes Tulungagung masih mendapati produk pangan di salah satu sarana yang dimakan tikus, terbukti dari sekitar tempat produk makanan itu ada kotoran tikus.

“Tadi kita temukan produk susu bubuk bekas dimakan tikus, dan kita juga temukan kotoran tikus disekitar lokasi,” katanya.

Selain produk yang dimakan tikus, Dinkes Tulungagung juga menemukan produk susu yang didalamnya terdapat belatung. Namun oleh pengelola sarana penyedia pangan masih saja dijual.

Masduki menjelaskan, adanya belatung didalam produk susu itu bisa jadi disebabkan karena kemasan susu itu rusak, kemudian ada oksigen masuk dan mengontaminasi produk susu itu sehingga menjadi belatung.

Bagi pengelola sarana yang melanggar, pihak Dinkes memastikan akan memberikan sanksi berupa teguran keras. “Yang jelas kepada pengelola yang melanggar kita berikan sanksi teguran keras,” tutup Masduki. (Dwi)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai