Breaking News

,

Transit di Polandia, Jokowi Presiden Pertama se-Asia yang Berani Lakukan Kunjungan di Negara dalam Keadaan Konflik, Rusia-Ukraina

Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Jokowi saat tiba di Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia dari Munich Jerman, Selasa (28/6/2022). 

RZESZOW, POLANDIA, LARAS POST - Kepala Negara tingkat se-Asia pertama yang berani melakukan kunjungan di negara yang saat ini dalam keadaan konflik yakni, Ukraina atas Invansi Rusia. Siapa lagi kalau bukan Presiden RI Joko Widodo (Presiden kita-Red). Oleh karena itu, kita sebagai bangsa yang cinta dengan Pimpinan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sangat patut memuji keberanian "beliau". Semoga Kepala Negara yang didampingi Ibu Negara Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan mendapat perlindungan Allah SWT tiba kembali dengan selamat di Tanah Air. Aamiin.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana tiba beserta delegasi terbatas tiba di Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia sekitar pukul 11.50 waktu setempat, Selasa (28/6/2022).

Penerbangan Presiden dari Munich, Jerman, ke Polandia merupakan transit rangkaian kunjungan kenegaraan dengan negara tujuan Ukraina.

Kota Rzeszow merupakan wilayah terdekat dengan Ukraina yang hanya berjarak sekitar 80 kilometer dari perbatasan. 

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut Wakil Gubernur Provinsi Rzeszow, Rodoslaw Wiatr, Duta Besar RI untuk Polandia Anita Luhulima, dan Atase Pertahanan RI Kolonel Adi Triadi beserta istri.

Dari Bandara, Presiden Jokowi dan rombongan kemudian akan menuju hotel tempat transit untuk selanjutnya akan menggunakan kereta api selama kurang lebih 12 jam untuk mencapai ibukota Ukraina, Kiev pada malam hari nanti.

Dalam keterangannya di Munich, Senin, 27 Juni 2022, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Presiden akan ke Ukraina melalui Polandia. Retno mengaku masih terus menjalin komunikasi intensif  dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Presiden ke Ukraina dan Rusia.

"Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia. Saya juga melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Bapak Presiden ke Ukraina dan ke Rusia. Tentunya komunikasi ini terus kita lakukan dengan Ukraina dan Rusia sendiri," ucap Retno.

Pengaturan agenda kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi beserta rombongan terbatas ke Ukraina tentunya sudah dipersiapkan sangat matang, namun tentu saja pengaturan tersebut bersifat fleksibel menyesuaikan setiap dinamika kondisi di lapangan. (her,sg)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai