Breaking News

,

Lingkar Masyarakat Bogor Soroti Penggunaan Dana Samisade


BOGOR, LARAS POST - Salah satu pogram unggulan Bupati Kabupaten bogor yaitu Satu Milyar Satu Des (Samisade) mendapat kritikan tegas dari Organisasi Lingkar Masyarakat Kabupaten Bogor (Limbo).

Puluhan anggota menggelar aksi demontrasi di depan Kantor Inspektorat dan di depan Kantor Pemerintahan Kabupaten Bogor, Senin (6/6/2022).

Dalam keteranganya kepada wartawan, Ketua Lingkar Masyarakat Kabupaten Bogor (Limbo) Dede Jujun menjeleskan, bahwa, visi menjadikan Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban jangan sampai tercoreng dengan tindakan-tindakan korup, kolusi, dan nepotisme.

Pria yang akrab disapa Dede itu melanjutkan, bahwa Samisade program yang harus disuport semua orang. "Tetapi dalam proses implementasinya para  Kades-Kades di Kabupaten Bogor harus punya mentalitas dan integritas terlebih dahulu," ucapnya.

Selain itu, regulasi dalam hal ini Perbub  nomor 100 Tahun 2021 atas perubahan Perbup nomor 83 tahun 2020 tentang pedoman Bantuan Keuangan insfrastuktur Desa sangat lemah dan ini membuka peluang para Kepala Desa yang mental dan integritasnya patut dipertanyakan dalam melaksanakan kegiatan yang di biayai dari APBD.

Dalam pejelasannya ia menambahkan, bahwa kinerja inspektorat Kabupaten Bogor perlu dipertanyakan, sebab hasil dari audit atas kegiatan kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Desa Desa di kabupaten Bogor tidak diekpose keluar. "Sehingga masyarakat minim informasi atas kinerjandalam hal pengendalian, atas dugaan kami tindakan kegiatan yang korup yang harus dikembalikan ke kas daerah," tegasnya.

Kemudian atas nama lembanga Lingkar masyarat Bogor (Limbo) mereka menyatakan sikap sebagai berikut.

1. Mendesak Inspektorat Kabupaten Bogor membuka hasil audit yang dilakukaan terhadap SKP, OPD , dan Desa di sampaikan ke publik sebagai bagian dari keterbukaan informasi publik.

2. Mendesak Inspekorat Kabupaten Bogor memfokuskan audit semua kegiatan SAMISADE.

3. Mendesak Pemkab Bogor Melakukan Reformasi Birokrasi Di Tubuh Inspektorat.

4. Mendesak Kejaksaan Negeri Cibinong Kabupaten Bogor  Untuk Menindaklanjuti semua aduan masyarakat.

5. Mendesak Pemkab Bogor, DPMD merevisi Perbub nomor 100 tahun 2021 tentang pedoman bantuan keuangan insfrastruktur Desa. (Vid)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai