Breaking News

,

Gelar Perkara, Bareskrim Periksa Dua Petinggi ACT

Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen. Pol. Whisnu Hermawan 

JAKARTA, LARAS POST
–  Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri akan memeriksa Senior Vice President Aksi Cepat Tanggap (ACT) Hariyana Hermain dan Ketua Dewan Syariah ACT, Amir Faishol Fath, dalam kasus dugaan penyelewengan dana ACT.

“Jadwal pemeriksaan ACT hari ini, Hariyana Hermain Senior Vice President dan Anggota Dewan Presidium ACT jam 13.00, Dr. Amir Faishol Fath, Ketua Dewan Syariah Yayasan ACT, jam 13.00,” kata Kasubdit IV Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Andri Sudarmaji dalam keterangannya, Senin (25/7/2022).

Secara terpisah Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen. Pol. Whisnu Hermawan mengatakan, kasus dugaan penyelewengan dana ACT, naik ke tingkat penyidikan, tim penyidik Dittipideksus Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara. "Gelar perkara ACT nanti siang," ujarnya.

Whisnu menyebutkan gelar perkara ini merupakan pengembangan penyidikan untuk menetapkan tersangka. 

Gelar perkara rencananya akan dihadiri Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, Biro Pengawasan dan Penyidikan (Wasidik), Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) dan Divisi Hukum (Div Kum).

Dalam kasus ini Bareskrim telah memeriksa sejumlah saksi di antaranya mantan Presiden ACT Ahyudin dan Presiden saat ini ACT Ibnu Khajar. 

Sebelumnya, Bareskrim mendalami dugaan perusahaan fiktif yang dibuat ACT untuk melakukan tindak pidana pencucian uang. 

Perusahaan itu didirikan seolah-olah bergerak di bawah ACT.

“Adanya dugaan menggunakan perusahaan-perusahaan baru sebagai cangkang dari perusahaan ACT ini didalami,” kata Whisnu.

Jadi, lanjut Whisnu, seolah-olah perusahaan itu bergerak di bawah ACT. “Tapi sama saja bahwa yang menjadi dia-dia sendiri. Ada perusahaan A, perusahaan B, perusahaan C, ya dia-dia juga yang buat,” terangnya.

Menurut Whisnu perusahaan cangkang bentukan ACT berupa lembaga-lembaga amal. Di perusahaan tersebut ACT diduga melakukan tindak pidana pencucian uang. (her)


Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai