Breaking News

,

Jalin Latihan Bersama, Satgas Rimpac TNI AL Terima Kunjungan Panglima Armada III Amerika 

KRI I Gusti Ngurah Rai-332 mendapat kunjungan dari Commander, U.S. 3rd Fleet Vice Admiral (VADM) Michael E. Boyle di Dermaga Bravo Pier Joint Base Pearl Harbour-Hickam (JBPHH).

JAKARTA, LARAS POST - KRI I Gusti Ngurah Rai-332 mendapat kunjungan dari Commander, U.S. 3rd Fleet Vice Admiral (VADM) Michael E. Boyle di Dermaga Bravo Pier Joint Base Pearl Harbour-Hickam (JBPHH) sesaat setelah membuka Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (Latma Rimpac) 2022 di Hawaii, Amerika Serikat, Rabu (29/6/2022) waktu setempat.

Kunjungan VADM Michael E. Boyle ini sebagai rangkaian kunjungan ke kapal-kapal perang peserta Rimpac 2022 dari berbagai negara. Kedatangan VADM Michael E. Boyle di KRI I Gusti Ngurah Rai-332 disambut oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Latma Rimpac 2022 Kolonel Laut (P) Lewis N. Nainggolan beserta Atase Laut (Atal) RI Kolonel Laut (P) Yano Wenas.

VADM Michael E. Boyle menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI AL karena keikutsertaannya pada Latma Rimpac 2022. Dirinya juga menyampaikan harapannya agar tujuan Indonesia ikut latihan dapat tercapai dan agar latihan ini dapat menjadi ajang bagi peserta Latma Rimpac 2022, khususnya KRI I Gusti Ngurah Rai-332, untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya, serta dapat membina hubungan baik kedua angkatan laut dan kedua negara kedepannya.

Sementara itu Dansatgas menyampaikan terima kasih kepada U.S. Navy, khususnya U.S. 3rd Fleet yang telah menjamu Satgas dengan baik mulai saat sandar di Guam, pelaksanaan pembekalan di laut dengan USNS Henry J. Kaiser yang berjalan baik, sampai dengan pelayanan di Pearl Harbour yang memuaskan.

VADM Michael E. Boyle juga menyempatkan bertatap muka dengan prajurit KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan menyampaikan rasa bangganya kepada para prajurit yang menurutnya hebat karena mampu berlayar dari Indonesia sampai ke Hawaii dengan jarak yang jauh dan waktu tempuh yang lama. Dirinya juga memuji Komandan serta prajurit KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang menurutnya mampu menjaga kebersihan dan kerapihan kapal dengan baik.

Rimpac 2022 diikuti sebanyak 26 negara, 38 kapal perang, empat kapal selam, lebih dari 170 pesawat tempur dan kurang lebih 25.000 personel dari berbagai negara berpartisipasi pada Latma Rimpac 2022 yang dilaksanakan pada 29 Juni sampai 4 Agustus 2022 di Kepulauan Hawaii dan Selatan California. 

Keterlibatan TNI AL dalam Latma Rimpac merupakan salah satu program kerjasama antara TNI AL dengan U.S. Navy dalam rangka meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL sesuai dengan prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Pada serial latihan Rimpac yang ke-28 ini, TNI AL mengirimkan satu kapal perang, yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332, 35 prajurit Marinir. (Her)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai