Breaking News

,

Bupati Biak Numfor, Canangkan Gerakan Menanam Sejuta Pohon Cabe

Bupati Biak Numfor, canangkan gerakan menanam sejuta pohon cabe.

BIAK, LARAS POST - Dalam rangka menjadikan Biak Numfor sebagai pemasok Cabe untuk wilayah Indonesia Timur, maka sejak 18 Agustus 2022 Pemda Biak Numfor telah mencanangkan penanaman Cabe di seluruh wilayahnya dan telah melakukan panen raya.

Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap menyampaikan bahwa saat ini semua kelompok tani, masyarakat dan semua anak sekolah digerakkan untuk melakukan penanaman Cabe. Baik di lahan kelompok tani, di halaman rumah bahkan di lingkungan sekolah masing-masing. Khusus di lingkungan sekolah diwajibkan satu siswa satu polibek yang ditanam Cabe. 

Selain itu Bupati juga mengajak tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda untuk menggerakkan seluruh elemen masyarakat nenanam Cabe. 

"Jika seluruh masyarakat di pekarangan rumah menanam Cabe maka sudah dapat menghemat belanja mereka, karena kita ketahui bahwa harga Cabe saat ini sangat mahal, dengan demikian dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga. Sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya," kata Herry Ario Naap ketika melakukan panen raya Cabe, Kamis (29/9).

Herry Naap juga mengajak seluruh kelompok tani bahkan masyarakat yang memiliki lahan dan belum dimaksimalkan untuk melakukan penanaman Cabe dengan target bahwa Biak Numfor menjadi wilayah yang akan memasok Cabe ke seluruh Papua dan Indonesia Timur.  Dengan demikian akan meningkatkan pendapatan para petani.

"Saat ini dinas pertanian sedang menggerakkan semua penyuluh dan BPP serta bantuan Yayasan Bina Tani Indonesia. Kami sedang membagikan pupuk dan bibit Cabe serta pendampingan kepada kelompok tani," terang Bupati Biak.

Pemda Kabupaten Biak Numfor, lanjut Bupati, saat ini telah menyiapkan 750.000 Pohon Cabe yang akan dibagi kepada kelompok tani, Sedangkan yang Bupati Biak Numfor, Canangkan Gerakan Menanam Sejuta Pohon Cabe sudah di tanam saat ini mencapai 300.000 pohon Cabe. (Tim)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai